DEFINISI DAN ANALOGI FSB

Posted by Unknown Label:

==================================
Memahami Nilai Pada Processor dan Memory
==================================

pengertian FSB, bandwidth memory dan apa hubungannya dengan motherboard. Karena ada beberapa nilai yang tertera pada Processor dan terutama memory maka nampaknya tidak begitu mudah untuk memahami tentang apa makna angka ini, angka itu dan sebagainya. Saya mencoba menyederhanakan penjelasannya namun dengan harapan dapat menjawab pertanyaan yang sering muncul. Front Side Bus, disingkat dengan FSB adalah kecepatan bus atau kecepatan jalur yang menghubungkan antara prosesor dengan motherboard, atau lebih tepatnya antara prosesor dengan chip north bridge pada motherboard. North bridge adalah chip perantara antara Motherboard dengan processor. Sebagai contoh, processor Pentium 4 yang mengisyaratkan FSB sebesar 400 MHz artinya kecepatan komunikasi antara Motherboard dengan Processor melalui north bridge adalah 400 MHz perdetik.

Pengertian FSB adalah istilah yang sering juga dipakai untuk merepresentasikan kecepatan (MHz) untuk bus yang digunakan oleh berbagai komponen atau peripheral yang berhubungan dengan CPU. Namun, nilai terpenting dari FSB itu sendiri adalah nilai dari CPU mainboard, artinya Motherboard harus mempunyai nilai FSB yang sama yang disyaratkan oleh processor agar processor bisa bekerja. Jadi processor Pentium 4 memiliki dengan FSB sebesar 400 MHz harus didukung oleh Motherboard FSB 400 MHz.

Sebuah processor Pentium 4 memiliki FSB sebesar 400 MHz harus juga didukung oleh memori dengan spesifikasi tinggi, walaupun tidak ada kaitan langsung antara nilai-nilai yang tertera pada memori dengan FSB processor. Lalu jika sebuah processor core 2 duo 1.4 GHz dan FSB 400 MHz apa pula artinya? Core 2 duo 1.4 GHz adalah kecepatan Processor bekerja mengeksekusi data, sedangkan FSB adalah kecepatan komunikasi antara Processor dengan Motherboard melalui north bridge.

Lalu bagaimana dengan angka-angka yang tertera pada memory? Besarnya Memori biasanya diukur dalam kelipatan dari 8 megabyte (yaitu 256MB, 512MB dan 1024MB). Dalam satuan dasarnya kita menggunakan Byte.

Byte = 1 Byte
1 kilobyte = 1.024 Bytes – kilobyte adalah disingkat KB
2 kilobyte = 2.048 Bytes – Untuk mengetahui kilobyte hanya membagi atau memperbanyak Bytes oleh 1.024
1 megabyte = 1.024.000 Bytes – megabyte (s) disingkat dengan MB
2 megabyte = 2.048.000 Bytes – Untuk mengetahui megabyte hanya membagi atau kalikan dengan 1.024.000 Bytes
1 Gigabyte = 1024000000 Bytes – Gigabyte (s) adalah disingkat GB
2 GB = 2048000000 Bytes – Untuk mengetahui gigabyte hanya membagi atau memperbanyak Bytes oleh 1024000000

Jika sebuah memori bertuliskan 500 MB DDR 400 PC 3200 apa artinya? Angka 500 MB menunjukkan besarnya data yang bisa tersimpan untuk sementara waktu dalam memori yang akan dieksekusi oleh Processor. Satuan umum yang digunakan untuk kapasitas memory adalah Byte. Jadi semakin besar angka Byte yang digunakan memory maka kapasitas memory tersebut makin besar.
Apa arti DDR 400 dan PC3200 diatas? Adapaun memory DDR400 maksudnya adalah memory tersebut menggunakan clock sebesar 400 Mhz dan tulisan PC 3200 pada memory bandwith memeory sebesar 3200 Kb/s.
Analogi FSB:
-----------------
Kita menggambarkan Processor ibarat JALAN dari Tanjung Raja ke Palembang. FSB kita ibaratkan Palembang. Sekiranya jalan dari Palembang mempunyai 4 lorong tetapi Tanjung Raja mempunyai 2 lorong saja, sudah pasti yang akan berlaku adalah jalan menuju Tanjung Raja. Kesimpulannya adalah untuk memilih processor kita juga harus menitik beratkan pada FSB disamping kecepatan processor.

0 komentar:

Posting Komentar