Perbedaan Teknologi Optik Fluorescent Disc Dengan Teknologi Optik Lain

Posted by Unknown Label:

Teknologi optik sudah diperkenalkan sejak lama sekali. Saat ini sudah hadir lebih dari lima teknologi optik di masayrakat. Mulai dari CD, super CD, DVD, HD DVD sampai Blu-Ray yang paling terakhir muncul. Blu-Ray adalah teknologi optik paling muda yang saat ini mulai dikenal oleh khalayak. Salah satu aplikasi Blu-Ray adalah pada Playstation3 yang diluncurkan oleh Sony.

Namun tidak hanya Playstation3 yang menggunakan Blu-Ray, saat ini Blu-Ray Disc juga di pasarkan secara terpisah. Baik disc maupun player/drive-nya. Dari semua teknologi optik yang perbedaannya dengan FMDisc adalah jumlah ruang yang dimiliki masing- masing teknologi berbeda. Padahal masih banyak perbedaan lain yang sepertinya tidak banyak diketahui oleh masyarakat.

Dengan CD dan DVD

CD dan DVD adalah dua teknologi optik yang menggunakan sinar laser berwarna merah. Sama dengan FMDisc generasi pertama yang akan diperkenalkan nanti. Meskipun ke- tiganya menggunakan sinar laser berwarna merah, namun panjang gelombang yang digunakan berbeda pada masing-masing teknologi. CD menggunakan panjang gelombang 780 nm. DVD menggunakan sinar laser merah dengan panjang gelombang 635–650 nm. Sedangkan FM Disc menggunakan sinar laser yang sama dengan panjang gelombang 532 nm. Lebih kecil dari DVD.

Dari segi fisik ukuran diameter FM Disc agak sedikit lebi besar, jika CD atau DVD sebesar 120 mm, FM Disc memiliki diameter 130 mm. Walaupun pada pelaksaannya nanti, FM Disc akan dibuat dengan diameter 120 mm. Hal ini dila- kukan agar dalam memproduksi drive- nya tidak akan membutuhkan modifikasi yang terlalu banyak.
Selain ukuran tampilan fisik ketiga teknologi ini sangat berbeda. Jika FMDisc berwarna transparan atau tembus pandang, CD atau DVD mem- butuhkan sebuah lapisan pantul yang dibutuhkan pada saat dijalankan.

Dan satu lagi perbedaan yang sangat mencolok adalah bila CD atau DVD tergores maka akan sulit dibaca, berbeda dengan FM Disc yang tidak akan terpengaruh. Isinya akan tetap dapat dibaca meskipun tergores atau kotor. Karena sifat cahaya pada FM Disc adalah incoherent berbeda dengan dengan CD atau DVD yang coherent.

Seperti layaknya DVD, FM Disc juga memiliki layer atau lapisan data lebih dari satu. Hanya saja jarak antarlapisan data DVD dengan FM Disc berbeda. Jarak antar layer pada DVD adalah 40 micron, pada FM Disc antara 25 sampai 30 micron. Kecepatannya juga jauh lebih cepat. Sebuah FM Disc dengan 12 layer (50 GB) dapat diakses dengan kecepatan sampai 1 GBytes/detik.

Dengan Blu-Ray

Salah satu yang sangat signifikan perbedaan FM Disc dengan Blu-Ray disc atau biasanya yang dikenal BRD adalah jenis sinar laser yang digunakan. Pada tahap awal sinar laser yang digunkaan untuk FM Disc memang sinar laser merah yang memiliki panjang gelombang 532 nm. Sedangkan BRD menggunakan sinar laser biru dengan panjang gelombang 405 nm.

Jika dibandingkan dengan BRD, jumlah data yang dimiliki setiap layer sangat jauh berbeda. Dengan 1 layer BRD, kepingan dapat menyimpan sampai 25GB. Sedangkan untuk menyimpan 25 GB dengan FM Disc dibutuhkan lebih dari satu layer (±6 layer).

Namun pada perkembangannya dikemudian hari, FM Disc dapat saja menggunakan sinar laser biru seperti layaknya BRD. Dengan sinar laser biru ini diperkirakan sbeuah FM Disc dapat memiliki kemampuan menyimpan data sampai 10 TB dalam sebuah kepingannya. Rencananya panjang gelombang sinar laser biru yang akan digunakan untuk FM Disc adalah 480 nm. Masih lebih besar dibandingkan BRD yang hanya 405 nm.

Dan satu hal lagi yang membedakan, secara fisik antara BRD dengan FM Disc, yaitu lapisan pelindung BRD yang hanya 0,1 mm, sedangkan FM Disc sama dengan DVD yaitu 0,6 mm.
Kehadiran FM Disc yang pasti tidak akan serta merta menggusur teknologi optik yang sudah ada sebelumnya. Hal ini tentu akan sangat lama prosesnya. Lihat saja disket, meskipun saat ini harga sebuah CD-RW sudah sama dengan harga sebuah floopy, tetap saja kehadirannya masih kita temui di beberapa komputer keluaran terbaru. Beberapa orang masih memilih disket ketimbang CD.

Begitu pula dengan adanya FM Disc tidak akan serta merta menggusur CD atau DVD. Apalagi untuk segera menggantikan Blu-Ray yang baru saja akan meluncur ke pasaran. Rasanya masih akan lama kehadirannya meng- gantikan Blu-Ray atau CD sekalipun. Namun setidaknya, sekarang masyarakat lebih banyak memiliki pilihan dalam menentukan media yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar