TEKNOLOGI INTEL CORE i5

Posted by Unknown

Teknologi core i5 menggunakan kode nama Lynfield sama seperti Intel Core i7 yang sudah beredar di pasaran. Namun ada beberapa teknologi, seperti teknologi Tri memory channel dihilangkan, QuickPath interconnect diperkecil untuk memberikan ruang pada Direct Media Interface. Pastinya Intel Core i5 sudah menggunakan fabrikasi 45 nm, sama seperti Intel Core i7.



Processor ini memiliki beberapa speed, diantaranya 2.66 GHz, 2.80 GHz, dan 2.93 GHz dengan L3 Cache sebesar 8 MB, fitur Hyper Threading, dan fitur TurboBoost Technology. TDP yang diperlukan oleh processor ini adalah 95 W. Khusus untuk Intel Core i5 menggunakan socket yang berbeda dari Intel Core i7, yaitu LGA1156. Tentu saja ini yang bisa menjadi”bumerang” untuk pihak Intel, dimana socket LGA 1366 baru saja diluncurkan, ia sudah mengunakan socket yang paling baru lagi. Paling tidak akan membuat konsumen untuk berpikir dua kali melakukan upgrade menggunakan RIG Intel.
Intel Core i5 juga memiliki kode nama lain, yaitu Clarkdale. Processor ini hanya memiliki 2 buah core di dalamnya. Speed yang dimiliki diantaranya 3.2 GHz sampai dengan 3.46 GHz, dengan dukungan terhadap Hyperthreading dan TurboBoost. Clarkdale memiliki L3 cache sebesar 4 MB, dan TDP yang diperlukan adalah 73 W.

MOTHERBOARD PENDUKUNG INTEL CORE i5

Beberapa produsen berbondong-bondong mengeluarkan mainboard pendukung processor ini. Tentu saja dengan chipset terbaru dari Intel, yaitu Intel P55 di dalamnya. Produsen besar seperi ASUS dan Gigabyte yang selalu berkompetisi tak mau ketinggalan. Asus dengan produknya ASUS P7P55D, dan Gigabyte dengan GA-P55-UD5 dan GA-P55-UD4P.
Pengembangan teknologi yang paling terlihat dari motherboard ber-chipset P55, anatara lain adalah memiliki 24 power phase, dukungan terhadap SATA-III/SATA 6 Gbit/s dengan chipset yang digunakan adalah dari Marvel, dan d idesain secara combo SATA-II/III. Motherboard ini mendukung 4 SATA-III port, dan 6 SATA-II port dengan RAID 0 dan 1.
Memang yang harus disayangkan adalah Intel mengeluarkan processor dengan menggunakan socket jenis baru, socket 1156. Sedangkan socket 1366 saja belum bisa diserap pasar dengan baik. Untuk masalah upgrade RIG, baik kompabilitas dan harga, harus saya akui AMD memang masih paling “bersahabat”.

0 komentar:

Posting Komentar